jump to navigation

Dua, Tempat Terbit dan Terbenam Matahari 27 Juni 2007

Posted by Ibrahim in Benda Langit, Sains.
trackback

Allah menerangkan bahwa tempat terbit matahari itu ada dua dan tempat terbenam matahari itu ada dua:

QS. Ar Rahmaan (55):17. Tuhan yang memelihara kedua tempat terbit matahari dan Tuhan yang memelihara kedua tempat terbenamnya.

Terjemahan dari Depag RI memberikan keterangan tambahan bahwa: “Dua tempat terbit dan dua tempat terbenamnya ialah tempat dan terbenam di waktu musim panas dan di musim dingin”. Benar juga, mengingat bumi mengalami sedikit perubahan sudut saat berotasi pada kedua musim itu sehingga nampaknya tempat terbit dan terbenam matahari bergeser sedikit. Walaupun begitu Ibrahim juga memahaminya bahwa kedua tempat terbit itu adalah timur dan barat, dan kedua tempat terbenam itu adalah barat dan timur.

Di bumi yang kita tinggali ini, matahari terlihat terbit di sebelah timur dan terbenam di sebelah barat, atau kita umpamakan bumi sekarang ini berotasi berlawanan dengan arah jarum jam. Seandainya rotasi bumi ini diputar balik, sehingga searah jarum jam maka matahari tentu akan terlihat terbit di sebelah barat dan terbenam di sebelah timur.

Dari tabel yang saya amati di sini, terlihat bahwa planet venus, uranus dan pluto arah rotasinya berlawanan dengan arah rotasi bumi atau dengan arah rotasi planet-planet lain dalam tata surya, tidak searah. Jadi kalau dipikir-pikir dari bumi maka di planet venus, uranus dan pluto, matahari itu nampaknya selalu terbit di sebelah barat dan terbenam di sebelah timur.

Benarlah firman Allah (QS.55:17) bahwa matahari itu ada dua tempat terbitnya yaitu timur dan barat, dan dua tempat terbenamnya yaitu barat dan timur. Dengan ayat ini, Allah dalam firman-Nya pada 14 abad yang lalu telah bermaksud untuk mengatakan bahwa arah rotasi planet itu ada yang sama dan ada pula arahnya berlawanan.

Konteks ayat ini melibatkan matahari dan seluruh planet-planetnya, juga berarti melibatkan matahari atau bintang-bintang yang lain beserta planetnya masing-masing yang rotasinya ada yang sama dan ada pula yang berlawanan, itulah keseimbangan. Intinya Allah-lah yang memelihara bumi dengan terbit dan terbenamnya matahari dan memelihara semua benda-benda langit itu untuk manusia, Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. Ar-Rahman)

Wallahu a’lam bishshowab.

Komentar»

1. Ratna - 3 September 2008

Assalam,
Terimakasih untuk penjelasannya ya.
Itu dia yang aku cari!

2. amin - 30 Maret 2009

ass.wr.wb.
ysh pengasuh blog ini
mhn maaf sblmnya sya membutuhkan hadist nabi yang berkenanan dengan izin dari tetangga berkaitan dengan ketika membangun rumah
atas informasinya disampaikan trimakasih
wasalam
amin kebumen

3. DiN - 7 Agustus 2009

Assalamualaikum..

Terus kepada tajuknya,

Perkataan matahari ‘TERBIT’..
TERBIT maksudnya adalah;

terbit 1. keluar dr permukaan (air dll), keluar dr tempat terlindung (bulan, matahari, dll), muncul, timbul: bulan sudah ~ ; sebelah matahari ~ sebelah timur; 2. berbangkit (perasaan hati, fikiran, dll), lahir, timbul; dlm hatinya ~ keinginan utk memilih antara dua orang pemuda itu mana yg lebih baik dan sesuai dgn hatinya; 3. siap dicetak dan diedarkan (buku, majalah, dll), tersiar (berita, makalah, dll): ~nya kedua-dua antologi ini merupakan satu kemajuan besar; 4. keluar memancar ( air, cahaya, dll), keluar (peluh, air mata, dll): air yg ~ drpd mata air biasanya jernih; 5. keluar (dr rumah, persembunyian, dll): setelah pintu terbuka dia pun ~lah; 6. tumbuh atau keluar drpd: sehelai rambut atau bulu ~ drpd satu liang yg halus di dlm kulit itu; 7. berpunca atau bermula drpd: kebakaran itu ~ drpd puntung rokok yg dibuang dlm bakul sampah;

kita cuba tukarkan perkataan TERBIT
Sebagai contoh 1; matahari ‘keluar dari permukaan';
2; matahari ‘keluar dari tempat terlindung';

perkataan TERBIT untuk matahari adalah menjerumus dari bawah ke atas,

matahari TERBENAM,
dan perkataan TERBENAM menjerumus dari perkataan menuju ke bawah,

Dengarkan bersungguh-sungguh;

Matahari TERBIT, apa itu TERBIT? Terbit masudnya BERGERAK ke atas.Jadinya matahari menuju ke atas,

bergitu juga perkataan matahari TERBENAM..
apa itu TERBENAM?

Apa maksud perkataan English ‘SUNRISE and SUNSET’ ?
Apa maksud RISE dan maksud SET?

Satu dunia majoroti menggunakan perkataan matahari menuju ke atas dan matahari menuju ke bawah..

Jadi apa yang bergerak? Bumi atau matahari?

Jika ada yang mengatakan bumi berputar dan mengelilinggi matahari sebab itu terjadinya fenomena matahari terbit,mereka itu harus menukar bahasanya dan tidak harus menggunakan perkataan MATAHARI TERBIT,TERBENAM,SUNRISE dan SUNSET,

TERBIT,TERBENAM,SUNRISE dan SUNSET adalah perkataan sesuatu yang bergerak dari satu keadaan ke sesuatu keadaan,,
All RISE maksudnya ‘semua bangun’. Ini adalah perkataan didalam makamah yang bersidang menggunakan bahasa Ingglish, perkataan ‘ALL RISE’ di sebut apabila Hakim masuk ke makamah.

Posted by Ibrahim in Benda Langit, Sains.
trackback

‘Di bumi yang kita tinggali ini, matahari terlihat terbit di sebelah timur dan terbenam di sebelah barat, atau kita umpamakan bumi sekarang ini berotasi berlawanan dengan arah jarum jam. Seandainya rotasi bumi ini diputar balik, sehingga searah jarum jam maka matahari tentu akan terlihat terbit di sebelah barat dan terbenam di sebelah timur.

‘MATAHARI terlihat TERBIT;
MATAHARI terlihat TIMBUL,MUNCUL,KELUAR dan lain-lain.
Apa maksud MUNCUL,TIMBUL dan KELUAR?

Bukankah itu maksudnya ‘dari satu tempat ke satu tempat’?

Maaf jika perkataan atau gaya bahasanya kurang enak, kurang sedap didengar..

4. Ibrahim - 8 Agustus 2009

Sungguh,

Pemahaman kita manusia sangat terbatas terhadap alam sekitar kita, dikarenakan keterbatasan indera yang kita miliki. Mata, telinga, hidung dan indera lainnya memiliki keterbatasannya masing-masing, plus perbedaan persepsi otak tiap manusia terhadap alam tempat kita hidup.

Zaman dulu mungkin manusia memahami bahwa debu adalah benda yang paling kecil, ternyata zaman sekarang masih ada benda yang lebih kecil bila dilihat dengan mikroskop, apalagi mikroskop elektron, sampai mungkin manusia pada akhirnya nanti akan mengetahui/mengakui bahwa tidak ada materi yang benar-benar eksis kecuali zat Allah SWT yang Maha Meliputi segala sesuatu. Artinya persepsi manusia terhadap materi yang paling kecil telah berubah dari zaman ke zaman. Pemahaman dan persepsi manusia terhadap lingkungannya akan terus berubah seiring perkembangan pengetahuan dan ilmu yang dikoleksi manusia.

Seandainya Saudara DUDUK DIAM naik mobil yang BERJALAN, mulanya cuma terlihat jalan beraspal kemudian Saudara lihat dari kejauhan MUNCUL tugu/MONUMEN, makin lama monumen itu makin terlihat jelas, sampai kemudian Saudara melewati monumen tersebut, dan akhirnya monumen itu TERBENAM ditelan jalan. Pertanyaannya: Siapa yang bergerak dari satu tempat ke tempat lain sehingga monumen itu terbit dan terbenam? Saudara atau Monumen atau Mobil? Manusia atau Matahari atau Bumi?

Tidak perlu mengganti perkataannya, karena sebuah perkataan pun bisa memiliki banyak arti seperti yang Saudara muat, bahkan mungkin bisa ditambah lagi arti dari sebuah kata, atau bahkan mungkin artinya bisa saja berubah, seiring perkembangan ilmu manusia, banyak persepsi yang berbeda bagi setiap manusia, dan persepsi manusia bisa berubah.

Al-Quran datang dari yang menciptakan alam semesta, maka seharusnya manusia dapat membuktikan kebenarannya dengan/melalui ilmu pengetahuan, sehingga ayat-ayat Al-Quran yang diturunkan 14 abad yang lalu menjadi bukti nyata yang tidak terbantahkan oleh ilmu pengetahuan manusia yang baru berkembang pada abad-abad terakhir ini. Saya yakin Saudara adalah orang berilmu pengetahuan yang dapat mempergunakan akalnya untuk turut serta membuktikan kebenarannya.

Wassalam.

DiN - 8 Agustus 2009

Maha Suci Allah yang menciptakan langit dan Bumi..

Alhamdulillah..

“Pertanyaannya: Siapa yang bergerak dari satu tempat ke tempat lain sehingga monumen itu terbit dan terbenam? Saudara atau Monumen atau Mobil? Manusia atau Matahari atau Bumi?

Jawapan;
Anda seorang yang baik,tidak mudah beremosi. Gaya bahasa yang yang cantik,perumpamaan yang mudah untuk difahami..

Tentu saja jawapannya Saya dan MobiL.. kerana mobil saya bergerak dan saya berada didalamnya..Apalagi kalau saya membuka cermin mobil dan secara tidak lansung mendapat tiupan angin mengikut kelajuan.. kalau 100KM/jam agak kuat juga anginnya..Tetapi kalau 367KM/jam kamu bayangkan sendiri..Dan lagi kerana bumi itu bulat, bergunung ganang.

Contoh yang lainnya; Mobil ada diluar rumah saya, ketika itu saya baru basuh/cuci mobil di luar,sudah basuh mobil saya masuk rumah kerana terkejar-kejar kerana ada yang menelipon.Lalu Mobil saya tidak kelihatan lagi. Siapa yang bergerak, Mobil atau saya? Tentu saja saya yang bergerak kerana buktinya kaki saya berjalan,bergerak dan saya dapat merasakan angin ketika terkejar-kejar untuk menjawab panggilan talipon..

Jika kamu mengatakan MATAHARI tidak bergerak, beri bukti pergerakkan bumi?

Jika kamu mengatakan bumi berputar atau berotasi mana buktinya pergerakkan yang dirasakan kita semua di muka bumi?

MONUMEN itu saya lebih suka menggunakan perkataan MONUMEN KELIHATAN dan MONUMEN TIDAK KELIHATAN.. Kerana perkataan Muncul dan Terbenam untuk benda yang bergerak..

Contoh..
Saya keluar rumah…@xt-*^…………lalu RUMAH saya itu terbenam di telan jalan. Ia nampak seolah-olah di telan jalan tapi buktinya Mobil/saya bergerak dan ANGIN bukti yang tidak dapat dipisahkan.. Hampir 99% benda yang bergerak ANGIN tidak dapat dipisahkan kerana ia salah satu bukti..

Kamu naik MOBIL dapat rasakan angin, kalau kamu naik BUMI yang berotasi 0.423KM/sesaat dan dengan kelajuan BUMI menggelilinggi matahari 37km/sesaat mana angin nya?
KENDERAAN F1 367M/sesaat. Tetapi bumi 100 kali ganda lebih pantas..angin tiada? kekadang angin disebelah timur kekadang sebelah barat.Belum lagi angin utara dan selatan..Sedangkan bumi berputar dari kiri ke kanan dan juga menggelilingi dari kiri ke kanan..

Walhamdulillahirabil alamin..

5. Ibrahim - 10 Agustus 2009

Saya bukan saintis juga bukan fisikawan. Mungkin fisikawan akan panjang sekali untuk menjelaskan berbagai gaya-gaya dalam ilmu fisika, gaya yang terjadi di bumi sehingga benda/materi dibumi tetap melekat dan aman dipermukaan bumi walaupun bumi berputar. Seperti gaya gravitasi/gaya tarik inti massa, gaya sentripetal, gaya gerak semu, gaya sentrifugal, efek coriolis ataupun gaya/efek lain apabila masih ada.

Gravitasi/gaya tarik bumi menyebabkan benda/materi yang memiliki massa dibumi jatuh kebawah, seolah-olah melekat dipermukaan bumi. Jangankan manusia, bulan yang besar dan jauh di atas sana tidak bisa terlepas dari orbitnya karena adanya gaya tarik bumi itu. Udara/angin yang memiliki massa berat, juga berada dipermukaan bumi, dia mengambang karena ringan tapi melekat dipermukaannya. Walaupun demikian benda/materi masih bisa bergerak/berjalan/pindah tempat dipermukaannya, tentu dengan suatu kekuatan/gaya pula untuk dapat melawan gaya gravitasi. Siapakah yang memiliki kekuatan yang sangat besar sehingga membuat udara itu bergerak sehingga menjalankan awan yang membawa air?

Allah SWT menciptakan berbagai macam benda yang memiliki kekuatan, susunan dan kerapatan molekul yang berbeda-beda, udara, api, air, kayu, tanah, batu, emas, berlian, bahkan berbagai organ tubuh manusia memiliki kekuatan dan kerapatan molekul yang berbeda, gigi, tulang, daging, itulah kekuasaanNya.

Bila kita bergerak dengan suatu kecepatan tinggi maka kulit kita bisa merasakan udara/angin. Angin/udara adalah materi yang massa beratnya ringan, dia memiliki atom/molekul yang tidak padat/lebih renggang sehingga kita manusia dapat menembusnya. Molekul-molekul di udara yang umum kita kenal antara lain seperti O2 dan CO2, molekul-molekul itu merupakan materi, akan tetapi tingkat kerapatan molekulnya jarang/renggang.

Bila kita melewati pintu yang memiliki tirai, maka kita dapat melewati pintu itu dan merasakan materi tirainya. Bila kita bergerak berkecepatan tinggi, maka kita juga sedang menekan/mendorong udara agar kita dapat bergerak, akibat tekanan itu molekul udara akan merapat/lebih memadat, makin cepat kita akan makin kuat dorongan kita dan makin padat molekul udaranya sehingga kulit dan rambut kita pun akan bisa merasakan gesekan dengan materinya. Bila udara memiliki kerapatan molekul seperti dinding beton, maka manusia bisa merasakannya tapi tidak dapat melewatinya.

Dan sudahkah Saudara menemukan jawaban: Mengapa bulan terbit dan terbenam setiap hari padahal bulan hanya 1 kali mengelilingi bumi setiap 1 bulan?

Wassalam.

6. qwerty - 2 Desember 2010

apa nya waaaaaaaak,, tak ku baca memang,,, ???????????????????????????????????????

7. muhammad wali - 11 Oktober 2011

saya sangat berterima kasih atas pem beritauan ini, karna bsa menambah wawasan pemikiran saya

wassalam
muhammad wali
from,
jangka

8. Edy Dada - 6 Juli 2012

Jawabannya yang tepat adalah GAYA SEMU MATAHARI


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: