jump to navigation

Apakah tenggelamnya Kapal Titanic ada di dalam Al-Quran? 27 Juli 2009

Posted by Ibrahim in Al-Quran, Cerita, Titanic.
Tags: , , , , , ,
trackback

180px-Titanic-New_York_Herald_front_pageKejadian tenggelamnya kapal Titanic adalah sebuah catatan sejarah manusia yang akan terus melegenda. Hingga manusia juga melegendakannya dalam film Titanic. Kapal ini telah diklaim sebagai kapal yang tidak akan tenggelam. Akan tetapi ternyata sang pengatur alam semesta berkehendak lain hingga akhirnya menenggelamkan kapal ini beserta kesombongan manusia.

Apakah kejadian ini ada di dalam Al-Quran? mungkin ya, mungkin juga tidak.

Ada beberapa ayat yang sepertinya berhubungan dan menggambarkan kisah kapal Titanic ini.

Sebelumnya, cobalah Anda simak dulu cerita lengkap tentang Kapal RMS Titanic di wiki atau cerita Kapal RMS Titanic berbahasa Indonesia di wiki.

Pada halaman itu dikisahkan juga detik-detik kejadian pada saat kapal Titanic itu menabrak gunung es terapung yang akhirnya mengakibatkan kapal Titanic tenggelam.

Berikut saya kutip pada saat artikel ini ditulis dari wiki berbahasa Indonesia:

Pada pukul 23:40 waktu setempat ketika berlayar di selatan Grand Banks di Newfoundland, pengawas Fredrick Fleet dan Reginald Lee melihat bongkahan gunung es yang besar tepat di depan kapal. Fleet membunyikan loceng kapal sebanyak tiga kali dan menelepon dek pengawal memberitahu, “Gunung es, tepat di depan!” Opsir Pertama Murdoch langsung mengarahkan kemudi ke sisi kiri dan mengurangi kecepatan, kemudian mundurkan mesin kapal.

Perhatikan cetak tebal yaitu menit yang menunjukkan waktu kapal tepat pada saat pengawas melihat bongkahan gunung es terapung.

Maka pada menit-menit berikutnya:

Tabrakan ternyata tidak dapat terelakkan, dan gunung es terapung tersebut bergesekan dengan bagian lambung kanan kapal, dan merobek badan kapal di empat bagian pertama dan mematahkan paku baja di bagian bawah kapal yang tertutup permukaan air sepanjang sekitar 91 m (300 kaki). Pintu kedap air baru berhasil menutup rapat saat air sudah keburu memasuki lima bagian kedap air pertama, lebih satu bagian dari apa yang dapat ditahan Titanic agar tidak tenggelam. Berat lima bagian kedap air yang dimasuki air menarik kapal ke bawah melebihi ketinggian dinding kedap air, kemudian air memasuki bagian lain. Kapten Smith, merasakan guncangan hantaman itu, sesampainya ke dek pengawal dan memerintahkan berhenti sepenuhnya. Setelah pemeriksaan oleh pegawai kapten dan Thomas Andrews, sadar bahwa Titanic akan tenggelam, dan setelah tengah malam pada 15 April, perahu penyelamat untuk disiapkan dan panggilan darurat diberitahukan.

Pada menit-menit berikutnya itulah yaitu saat tertabraknya Kapal RMS Titanic dengan gunung es terapung hingga mengakibatkan kapal Titanic tenggelam dan kematian lebih dari 1500 orang. Hal inilah yang sepertinya digambarkan dalam Al-Quran:

QS. Yaasiin (36) : 41-44
41. Dan suatu tanda (kebesaran Allah yang besar) bagi mereka adalah bahwa Kami angkut keturunan mereka dalam bahtera yang penuh muatan,
42. dan Kami ciptakan untuk mereka yang akan mereka kendarai seperti bahtera itu.
43. Dan jika Kami menghendaki niscaya Kami tenggelamkan mereka, maka tiadalah bagi mereka penolong dan tidak pula mereka diselamatkan.
44. Tetapi (Kami selamatkan mereka) karena rahmat yang besar dari Kami dan untuk memberikan kesenangan hidup sampai kepada suatu ketika.

Kapal ini digambarkan penuh muatan mungkin seperti kapalnya Nabi Nuh A.S.
Untuk Kapal Titanic, Allah SWT ternyata berkehendak, “Kami tenggelamkan mereka”, maka tenggelamlah kapal Titanic beserta sebagian besar penumpangnya. Tetapi Allah juga berkehendak, “Kami selamatkan mereka”, sehingga ada juga penumpang yang selamat yaitu sebagian besar wanita dan anak-anak:

Hampir dua jam setelah Titanic tenggelam, RMS Carpathia tiba di tempat kejadian dan mengambil perahu penyelamat pertama. Dalam beberapa jam kemudian, mereka yang masih hidup diselamatkan. Di geladak Carpathia, doa khusyuk yang singkat untuk yang mereka yang terselamatkan dan untuk memperingati mereka yang tewas diadakan, dan pada pukul 08:50 AM, Carpathia menuju ke New York, dan sampai pada tanggal 18 April.

Allah memberikan kesenangan hidup kepada mereka yang diselamatkan sampai waktu kematian mereka yang ditentukan.

Untuk kita semua terutama untuk penulis diingatkan: Hanya dengan rahmat yang besar dari Allah lah kita bisa diselamatkan di darat, di udara maupun di lautan. Mintalah pertolongan dan perlindungan hanya kepada-Nya dalam setiap perjalanan hidup, jangan lalai dari pada-Nya, jangan sombong dan bertawakal lah hanya kepada Allah SWT.

Wallaahu a’lam bishshowab.

Komentar»

1. aldjo - 27 Juli 2009

Assalamu alaikum
Salam kenal Mas. Mantap tulisannya.
Manusia membuat rencana, Allah SWT membuat keputusan. Manfaat dan madhorot hanya ada dalam genggaman Allah SWT. Makhluk tak dapat memberikan manfaat dan madhorot tanpa ijin dari Allah SWT. Wallahu a’lam

Ibrahim - 27 Juli 2009

Wa alaikum salam
Salam kenal juga.
Terima kasih telah mampir untuk komentar pertama di artikel ini.

operatorkita - 14 September 2013

Subhanallah… Ternyata itu ya….

Ariin Cell - 25 September 2013

Benar sekali mas..manusia punya rencana… Allah lah yang menentukan… Tapi tidak sedikit saya pernah dengar orang yang bilang “mungkin Allah punya rencana lain”… padahal setahu saya tidak ada dalam Alqur’an di sebut kalau Allah punya rencana… Karena Allah maha kuasa jadi Allah punya ketentuan atau di sebuttakdir, . kenapa masih banyak orang berfikir Allah punyu rencana.. kan tinggal kun fayakun jadi ga perlu rencana2an….

2. kawanlama95 - 27 Juli 2009

aku pikir ini merupakan sebuah peringatan buat kita bagi yang mau berfikir. dan selalu ada pelajaran buat umat saat ini.salam kenal ya

Ibrahim - 28 Juli 2009

iya..ini adalah peringatan dan pelajaran bagi umat manusia…
salam

3. Ulla n Arhyf says - 10 September 2009

memang segala sesuatu yang akan terjadi pasti ternarasi dalam Al-Quran….kapal itu penuh dgn kemaksiatan shgg Allah swt menenggelamkannya…………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

4. gilang alfiyani - 27 Oktober 2009

perlu diingat bahwa diatas langit masih ada langit.maka dari itu jadi orang janganlah jumawa/sok jagoan.

Riska - 3 November 2009

Tapi Itu Memang udah takdir Deh kayaknya

5. Riska - 3 November 2009

Wah Sedih bgt ya Ceritanye Jadi pengen nangis ne…

6. Alya Noor Azizah - 8 November 2009

Sejak aq kls 3 SD, q fans beratnya Titanic, aq tau semuanya hpal nma2 org penting di Titanic, tpi aq g tau klo udh diramalkan di Al -Quran, tpi itu tergntung hti masing2 pembaca :D

7. hantu - 17 Desember 2009

macam klean yg paling bnar di dunia ini…
nga sadar klean,,,dri agama klean yg lahir terorisss
jdi nga usah berangapan lao ajaran klean yg paling bnar di dunia ini..

oncon - 17 Juni 2011

hantu itu agamanya kristen yang nantinya di zaman islam berjaya kita bersama nabi isa akan menghancurkan greja dan salip2 mereka

abdullah - 2 Mei 2013

yang teroris mereka sendiri yg mau memfitnah islam. coba aja lihat kejadian 11 september gedung WTC.
ini kami berikan bukti lain lagi dari kitab kami yg sempurna.
Siapa sangka Kejadian 11 september 2001 ini terdapat dalam Al- Quran. Ternyata Allah telah memberikan kabarnya 14 abad yang lalu tanpa diketahui oleh manusia. Ini adalah salah satu mukjizat Al-Qur’an yang telah membuktikan kejadian pada masa yang akan datang. Tragedi WTC ada dalam Surah At-Taubah Ayat 109 : Terjemahan “Maka apakah orang-orang yang mendirikan bangunannya di atas dasar taqwa kepada Allah dan keridhaan-(Nya) itu yang baik, ataukah orang- orang yang mendirikan bangunannya di tepi jurang yang runtuh , lalu bangunannya itu jatuh bersama-sama dengan dia ke dalam neraka Jahannam. Dan Allah tidak memberikan petunjuk kepada orang-orang yang Zalim.” Disitu disebutkan keruntuhan sebuah bangunan karena yang mendirikannya adalah orang -orang yang zalim.

Pada Surah At-Taubah di atas telah disebutkan kata ditepi jurang yang runtuh yang dalam arabnya “JURUFIN HAR”. ulama tafsir dulu menterjemahakan kata ini sebagai “tepi jurang yang runtuh” ternyata 14 abad kemudian kata tersebut menjadi nama sebuah jalan dikota New York tempat berdirinya WTC, iaitu : Jalan JERF HAR. Subhanallah !! Kita ingat kejadian Gedung WTC runtuh pada tanggal 11-9-2001 . Mari kita lihat beberapa kesamaan (yang mestinya bukan hanya kebetulan semata-mata ) :

1. Tanggal 11 adalah tanggal terjadinya tragedi WTC , apakah suatu kebetulan bila surat At Taubah terletak pada juz ke 11 .

2. Bulan terjadinya tragedi itu adalah bulan September (bulan ke 9) , apakah secara kebetulan jika surat At Taubah berada pada urutan ke 9 dari Alquran.

3. Tahun terjadinya tragedi itu adalah tahun 2001 , apakah secara kebetulan pula bila jumlah huruf dalam surat At Taubah terdiri dari 2001 huruf.

4. Jumlah tingkat di gedung WTC ada 109 tingkat, sekali lagi apakah mungkin kebetulan – berulang sampai 4 kali – bila hal tersebut sudah tertulis dalam Surah At Taubah ayat 109 .

SubhanAllah, Maha Suci Allah dan sungguh benar Muhammad adalah Rasul-Mu ! Sungguh benarlah firmannya allah.

abdullah - 2 Mei 2013

hantu malu kali dalam kitabnya gak ada penjelasan yang serinci al-qur’an. wkwkwkwkw

Ade Supriyati the'Dram - 29 Mei 2013

subhanallah…. maha suci Allah yang telah menurunkan Al_Qur’an untuk pedoman kita…..

mas Abdullah,,, trimakasih atas penjelasannya,,,,

Anantha - 16 Desember 2013

allah hu akbar….merinding gua bacanya. mas

8. Dina - 31 Desember 2009

@hantu : Agama Apa maksudnya ?

Agama Lo Apa Mank nya ?

Anantha - 16 Desember 2013

yok…..mari…kita rame2…..ceburin hantu ke laut atlantik….biar di setrum ubur2 es, kepercaya.an kita kepercaya,an masing2. gak boleh saling menghina…..!!

9. wanda - 30 Maret 2010

ass mas mantap tulisannya aku suka .
TAPI DARI MN KLEN TAU TENTANG KAPAL TITANIK NTU??????

MANG NYA KLEN DAH ADA PADA TAHUN NTU?
APA JUGA KLEN CUMA NGARANG ?
TAPI NTU DA BAGUS KOK AKU SUKA TAPI TOLONG DI JAWAB Y PERTANYAAN KU

10. chyumiie - 16 April 2010

jadi inget waktu liat film nya. salah satu tokoh ada yang bilang begini

“kapal ini sudah sangat kokoh, bahkan tuhan sekalipun tak kan mampu menenggelamkanya.”

wahhhh…. itu kan takabur.
tak baik itu..

11. Hamba Allah - 14 Mei 2010

Wallahualam…

Tapi nggak usah mengira ngira lah ini ada hubungannya dengan Titanic. Terlalu Jauh mentafsrikannya ..kalau saya bilang sih….

Titanic tenggelam itu sendiri sudah Kuasa Allah.. (titik).. gitu saja..

Nggak usah berandai andai itu ada di Alqur’an segala…

12. ALAN - 18 Mei 2010

Seagla yang baik itu datang dari allah,dan yang tidak baik itu adalah datang daripada manusia sendiri..WALLAHUALAM..

firmansyah. - 28 Juli 2011

walkad ri khairi wasyarrihi minallahi ta’ala..percaya akan untung baik dan untung jahat datng nya dari allah ta’ala..berarti yg baik dan jahat itu juga datng dari pada allah ta’ala gan…karna sebaik dan seburuk apapun yg kan dikehendaki allah tidak ada satupun yg dapat menghalangi…

13. Hamba Allah - 22 Mei 2010

Tidak ada keraguan didalam al qur’an

14. ZARA - 24 Mei 2010

askum,,,
eh hantu,,, jgn ikut2n deah,,, gue stuju ama HAMBA ALLAH mang bnr
ap yang d ktkn nya itu apabila ALLAH berkta : “KUNFAYAKUN” MKA
dgn khendak nya semua pasti akn terjadi wlaw pun kta menganggap bahwa itu semua g’ kn terjd.

15. Mochammed Reich Havinck - 26 Mei 2010

Basic Gespenst! die Terroristen, die die ersten Verse gelesen dong Al-Qur’an al-Pfund gesehen, ich weiß, du bist ein Nicht-Muslim, ich kenne dich hasse Terroristen aber nicht vergessen, müssen Sie die Meinungen anderer Hinsicht nicht zustimmen …. danke …

16. PUTERI NURJEHA - 3 September 2010

it so clever………… .

17. adib - 20 September 2010

RMS Titanic
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perubahan tertunda ditampilkan di halaman iniBelum Diperiksa
Langsung ke: navigasi, cari
Question book-new.png
Artikel ini membutuhkan lebih banyak catatan kaki untuk pemastian.
Silakan bantu memperbaiki artikel ini dengan menambahkan catatan kaki.
Untuk pengertian lain, lihat Titanic.
RMS Titanic, sesaat setelah selesai pembuatannya, pelayaran di Southampton, 10 April 1912

RMS Titanic (juga SS Titanic) merupakan yang kedua dari tiga kapal penumpang super yang bertujuan untuk mengawali perniagaan perjalanan trans-Atlantik. Dimiliki oleh White Star Line dan dibuat di galangan kapal Harland and Wolff, Titanic merupakan kapal uap penumpang terbesar di dunia pada masa peluncurannya. Pada saat pelayaran pertamanya, Titanic menabrak gunung es pada pukul 23:40 (waktu kapal), Minggu, 14 April 1912, dan tenggelam sekitar dua jam empat puluh menit kemudian pada pukul 2:20 pagi hari Senin.

Bencana tersebut mengakibatkan kematian lebih dari 1.500 orang,dan menjadikannya sebagai bencana laut terburuk semasa zaman dalam sejarah dan sampai kini paling termashyur. Titanic dilengkapi dengan teknologi paling maju pada masa itu dan orang awam percaya bahwa ia “tidak mungkin tenggelam”. Ia amat mengejutkan bagi orang banyak bahwa walaupun dengan teknologi modern dan awak kapal yang berpengalaman, Titanic masih tenggelam dengan jumlah kematian yang tinggi. Kegairahan media massa mengenai korban terkenal Titanic, legenda mengenai apa yang terjadi di atas kapal, mengakibatkan undang-undang laut diganti, dan penemuan kapal yang pecah pada tahun 1985 oleh pasukan yang diketuai oleh Jean-Louis Michel dan Robert Ballard menjadikan Titanic terkenal pada tahun berikutnya.
Daftar isi
[sembunyikan]

* 1 Pembuatan
* 2 Pelayaran pertama
* 3 Malapetaka
* 4 Diselamatkan
* 5 Dampak setelah kejadian
* 6 Rujukan
* 7 Pranala luar

[sunting] Pembuatan
RMS Titanic (kiri) menjalani uji laut pada 2 April 1912.

Kapal Titanic merupakan kapal penumpang milik White Star Line, dibangun di galangan kapal Harland and Wolff di Belfast, Irlandia Utara, didisain untuk menyaingi Lusitania dan Mauretania milik Cunard Line. Titanic, bersama kapal saudara kembarnya Olympic, Olympic dan yang akan dibuat Britannic (pada awalnya dinamakan Gigantic, bertujuan menjadi kapal paling mewah dan terbesar yang pernah dibuat. Pembuatan RMS Titanic, dibiayai oleh hartawan Amerika, J.P. Morgan dan perusahaannya International Mercantile Marine Co., dimulai pada 31 Maret 1909. Badan kapal Titanic selesai diproduksi pada 31 Mei 1911, dan perlengkapan dalam di selesaikan pada 31 Maret tahun berikutnya. Titanic sepanjang 269 meter (882 kaki 9 inci) dan 28 meter (92 kaki 6 inci) lebar, berat mati 46.328 ton, dan ketinggian dari permukaan air ke geladak setinggi 18 meter (60 kaki). Walaupun ia meliputi banyak ruang dan dengan berat mati yang besar itu, kapal Titanic sama panjangnya dengan kapal Olympic. Titanic dilengkapi dua mesin dengan empat silinder, tiga baling-baling, dan satu turbin Parsons bertekanan rendah yang menggerakkan tiga baling-baling. Terdapat 29 ketel dipanaskan oleh 159 perapian batu bara yang mampu menghasilkan kecepatan sampai 23 knot (43 km/j). Hanya tiga dari empat cerobong kapal setinggi 19 meter (63 kaki) yang berfungsi; cerobong yang keempat digunakan sebagai lubang udara, dan untuk memperlihatkan kehebatan kapal. Kapal Titanic mampu membawa 3.547 penumpang dan awak kapal, karena ia juga mengirim surat, maka namanya diberi penambahan kata depan RMS (Royal Mail Ship) dan juga sebagai kapal uap – SS (Steam Ship).

Pada waktu itu, fasilitas dan kemewahannya tidak dapat ditandingi. Ia menawarkan fasilitas kolam renang, ruang olahraga, pemandian Turki, perpustakaan dan gelanggang squash. Ruang kelas utama dihiasi seluruhnya dengan panel kayu, perabotan mewah dan perhiasan yang indah lainnya. Ia menawarkan tiga lift untuk digunakan penumpang kelas utama dan, satu inovasi pada waktu itu, satu lift bagi penumpang kelas dua.

Titanic dianggap sebagai puncak arsitektur laut dan pencapaian teknologi. Ia dianggap oleh majalah Ship Builders sebagai kapal yang “hampir tidak mungkin tenggelam.” Titanic terbagi atas 16 ruang kedap air dengan pintu yang beri pengunci elektrik dan akan menutup hanya dengan menekan satu tombol dari dek kapal; walaupun, sekat kapal tidak menghalangi keseluruhan ketinggian geladak (hanya sampai Dek-E). Titanic mampu terapung dengan baik walau dua ruang tengah dipenuhi air atau empat bagian pertama dipenuhi air; apabila lebih dari itu maka ia akan tenggelam.
[sunting] Pelayaran pertama

Kapal Titanic memulai pelayaran pertamanya dari Southampton, Inggris, dalam perjalanan ke New York City, New York, pada Rabu, 10 April 1912, di bawah kendali Kapten Edward J. Smith. Ketika Titanic bergerak meninggalkan tempat berlabuhnya, ombak yang dihasilkan oleh kapal tersebut menyebabkan kapal penumpang New York, yang berlabuh di dekatnya, putus tali tambatnya dan tertarik hampir (sekitar 4 kaki) dari Titanic sebelum kapal tunda New York pergi. Kejadian tersebut baru berhenti setelah satu jam. Selepas menyeberangi selat Inggris, Titanic berhenti di Cherbourg, Prancis, untuk menurunkan dan mengambil penumpang tambahan dan berhenti sekali lagi di Queenstown (sekarang ini dikenal sebagai Cobh), Irlandia, sebelum meneruskan pelayaran ke New York dengan 2.223 penumpang.

Titanic mempunyai tiga bagian kelas penumpang yang dipisahkan. Kelas ketiga juga dikenal sebagai geladak, terdiri dari kabin kecil di dek bawah, diisi oleh kebanyakan pendatang dari inggris yang mengharapkan penghidupan lebih baik di Amerika. Kabin dan ruang kelas kedua, terletak di bagian belakang, memiliki fasilitas yang sama dengan kelas satu di kapal lain. Kebanyakan penumpang kelas kedua pada mulanya menempati kelas satu di kapal yang lain tetapi, karena tidak tersedianya batu bara, maka dipindahkan ke Titanic. Kelas utama merupakan bagian kapal yang paling mewah.

Sebagian dari orang yang terkenal turut belayar sebagai penumpang kelas utama. Ini termasuk jutawan John Jacob Astor dan isterinya Madeleine Force Astor; pemilik kilang Benjamin Guggenheim; pemilik Macy, Isidor Straus dan isterinya Ida; jutawan Denver, Margaret “Molly” Brown; Sir Cosmo Duff-Gordon dan isterinya Lady Lucille Duff-Gordon; George Elkins Widener dan istrinya Eleanor; John Borland Thayer, isterinya Marian dan anak mereka yang berusia tujuh belas tahun, Jack; wartawan William Thomas Stead; Countess of Rothes; pembantu presiden Amerika Serikat Archibald Butt; pengarang dan tokoh masyarakat Helen Churchill Candee; pengarang Jacques Futrelle, dan isterinya May, dan rekan mereka, editor Broadway Henry dan Irene Harris; aktris film bisu Dorothy Gibson; dan yang lain. Ikut bersama di kelas utama lainnya adalah editor urusan White Star Line J. Bruce Ismay yang merencanakan pembuatan Titanic dan pembuat kapal Thomas Andrews, yang turut bersama untuk memantau semua masalah dan menilai kinerja keseluruhan kapal baru tersebut.
[sunting] Malapetaka
Bongkahan gunung es di Newfoundland.

Pada Minggu malam, 14 April, suhu menurun sampai tahap hampir beku dan laut tenang. Bulan tidak keluar dan langit cerah. Kapten Smith, mengetahui peringatan adanya bongkahan gunung es melalui komunikasi nirkabel semenjak beberapa hari lalu, telah mengubah haluan Titanic lebih jauh ke arah selatan. Pada hari Minggu pukul 13:45 waktu setempat, pegawai komunikasi nirkabel dari kapal uap Amerika memberi peringatan bahwa gunung es besar mengapung dalam jalur Titanic, tetapi peringatan ini tidak disampaikan ke dek pengawal. Sore itu, satu lagi laporan mengenai bongkahan gunung es besar yang banyak, kali ini dari Mesaba, juga gagal disampaikan ke dek pengawal.

Pada pukul 23:40 waktu setempat ketika berlayar di selatan Grand Banks di Newfoundland, pengawas Fredrick Fleet dan Reginald Lee melihat bongkahan gunung es yang besar tepat di depan kapal. Fleet membunyikan loceng kapal sebanyak tiga kali dan menelepon dek pengawal memberitahu, “Gunung es, tepat di depan!” Opsir Pertama Murdoch langsung mengarahkan kemudi ke sisi kiri dan mengurangi kecepatan, kemudian mundurkan mesin kapal. Tabrakan ternyata tidak dapat terelakkan, dan gunung es terapung tersebut bergesekan dengan bagian lambung kanan kapal, dan merobek badan kapal di empat bagian pertama dan mematahkan paku baja di bagian bawah kapal yang tertutup permukaan air sepanjang sekitar 91 m (300 kaki). Pintu kedap air baru berhasil menutup rapat saat air sudah keburu memasuki lima bagian kedap air pertama, lebih satu bagian dari apa yang dapat ditahan Titanic agar tidak tenggelam. Berat lima bagian kedap air yang dimasuki air menarik kapal ke bawah melebihi ketinggian dinding kedap air, kemudian air memasuki bagian lain. Kapten Smith, merasakan guncangan hantaman itu, sesampainya ke dek pengawal dan memerintahkan berhenti sepenuhnya. Setelah pemeriksaan oleh pegawai kapten dan Thomas Andrews, sadar bahwa Titanic akan tenggelam, dan setelah tengah malam pada 15 April, perahu penyelamat untuk disiapkan dan panggilan darurat diberitahukan.

Perahu penyelamat pertama, diturunkan pada pukul 00:40 waktu setempat di sebelah kanan dengan hanya di isi 28 orang penumpang di atasnya. Titanic membawa 20 perahu penyelamat dengan kapasitas penuh 1.178 orang penumpang. Walaupun tidak mencukupi untuk membawa semua penumpang dan awak kapal, Titanic membawa cukup perahu penyelamat dan pelampung karena peraturan yang ditetapkan oleh Lembaga Peraturan Inggris. Pada masa itu, jumlah perahu penyelamat yang diperlukan ditetapkan menurut berat mati kapal, bukannya jumlah penumpang yang dibawanya.

Penumpang kelas utama dan kedua dengan mudah bisa mencapai perahu penyelamat dengan tangga yang menuju terus ke dek perahu tetapi penumpang kelas ketiga lebih sulit. Banyak terdapat jalur dari bagian bawah kapal sulit dipahami dan menyulitkan mereka untuk sampai ke perahu penyelamat. Lebih buruk lagi, penumpang kelas tiga saat pintu dikunci oleh awak kapal yang menunggu giliran mengizinkan penumpang naik ke geladak.
Titanic melaporkan posisinya pada 41° 46′ N, 50° 14′ W. Bangkai kapal ditemukan di 41° 43′ N, 49° 56′ W.

Operator radio nirkabel Jack Phillips dan Harold Bride sibuk mengirim CQD, isyarat pertolongan. Beberapa kapal merespon, termasuk Mount Temple, Frankfurt dan kapal saudara kembar Titanic, Olympic, tetapi semuanya terlalu jauh untuk sampai sebelum Titanic tenggelam. Kapal terdekat adalah RMS Carpathia milik Cunard Line yang sejauh 93 kilometer (58 mil) dan hanya berjarak empat setengah jam; terlalu lama untuk menyelamatkan lebih dari setengah penumpang Titanic karena kapalnya sudah keburu tenggelam. Satu-satunya daratan yang menerima isyarat pertolongan Titanic adalah stasiun nirkabel di Cape Race, Newfoundland.

Pada mulanya, penumpang enggan meninggalkan Titanic untuk menaiki perahu penyelamat yang kecil karena merasakan Titanic lebih aman dan tidak ada tanda-tanda apapun sedang berada dalam bahaya atau pun tenggelam. Ini menyebabkan kebanyakan perahu penyelamat dilepas dengan separuhnya kosong; satu perahu yang mampu membawa 40 orang penumpang dilepas dengan hanya 12 orang penumpang di atasnya.

“Wanita dan anak-anak dahulu” diutamakan untuk menaiki perahu penyelamat, Opsir kedua Lightoller, yang mengisi perahu penyelamat di sebelah kiri, hanya memperbolehkan laki-laki yang diperlukan sebagai pengayuh dan tidak untuk sebab lainnya; walaupun masih terdapat tempat kosong. Opsir Pertama Murdoch, yang mengisi perahu di sebelah kanan, memperbolehkan laki-laki naik apabila wanita tidak ada yang mau naik lagi. Saat kapal semakin tenggelam, penumpang mulai cemas dan sebagian perahu penyelamat dilepas dengan penumpang penuh. Pada 02:05 waktu setempat, seluruh bagian depan haluan kapal tenggelam di bawah air, dan kecuali dua buah perahu, semua perahu penyelamat lain telah diturunkan.

Sekitar 02:10 waktu setempat, bagian belakang kapal terangkat dari permukaan air memperlihatkan bagian bawah kapal, kemudi, dan baling-baling kapal , dan pada pukul 02:17 waktu setempat permukaan air membanjiri geladak perahu. Keadaan semakin parah saat dua perahu penyelamat terakhir terapung dari geladak, satu terbalik dan satu lagi separuhnya telah berisi air. Tidak lama kemudian, cerobong asap paling depan jatuh, meremukkan sebagian dek pengawal dan mereka yang terapung dalam air. Di geladak, para penumpang berlari ke arah belakang atau melompat ke laut dangan harapan dapat sampai ke perahu penyelamat. Bagian belakang kapal perlahan-lahan terangkat ke atas, dan barang-barang yang tidak terikat berjatuhan ke laut. Sewaktu bagian belakang kapal terangkat, sistem eletrik mati dan lampu mulai padam. Tidak lama kemudian, pada bagian badan kapal yang tidak kuat menahan beban mengakibatkan Titanic pecah menjadi dua bagian antara dua cerobong terakhir, dan bagian depan tenggelam sepenuhnya. Bagian belakang kapal langsung tehempas kembali di permukaan air dan terangkat tegak lurus. Selepas beberapa saat, pada pukul 02:20 waktu setempat, semuanya tenggelam ke laut.

Dari sejumlah 2.223 orang penumpang, hanya 706 orang penumpang yang selamat; 1.517 orang penumpang tewas. Kebanyakan penumpang tewas disebabkan karena korban terkena hypothermia dalam air 28 °F (−2 °C). Hanya dua dari 18 perahu penyelamat yang kembali untuk menyelamatkan korban dari dalam air selepas kapal tenggelam. Perahu penyelamat nomor empat kembali dan menyelamatkan lima orang, dua dari mereka kemudian tewas. Hampir satu jam kemudian perahu penyelamat nomor empat belas kembali dan menyelamatkan empat orang penumpang yang mana satu penumpang kemudian tewas juga. Penumpang yang lain berhasil menaiki perahu penyelamat yang terapung dari geladak. Terdapat perdebatan di antara penumpang yang selamat. sebagian penumpang yang selamat berinisiatif untuk kembali, tetapi kebanyakan yang selamat takut bila perahu penyelamat mereka akan tenggelam akibat dinaiki korban yang mencoba menaiki perahu mereka atau ditarik oleh Titanic yang tenggelam, walaupun sebenarnya hanya sedikit tarikan yang ada.
Korban dalam perahu penyelamat.

Kedua bagian kapal tersebut tenggelam dengan cara berbeda. Bagian depan menancap kira-kira 609 m (2.000 kaki) di bawah permukaan dasar laut dan mendarat dengan agak perlahan. Sedangkan bagian belakang tenggelam dengan cepat ke dasar lautan; badan kapal terburai akibat terdapat udara yang terperangkap di dalam kapal. Bagian belakang kapal menghantam dasar dengan kecepatan tinggi, terbenam jauh ke dalam lumpur.
[sunting] Diselamatkan

18. daniel - 1 Oktober 2010

mantap !!!

Kejadian yang menakjubkan…

19. Awal Mula - 8 November 2010

hmm… kalau di pikir sepertinya memang ada kaitanya :)

20. rischy - 4 Desember 2010

uhhhhhhhh
sedih campur seru cuyyyyyyyy

21. muna.. - 27 Desember 2010

hemmm,….hebat,.artikelnya menarik,…

22. e.j.smith - 3 Februari 2011

@Mochammed Reich Havinck : I strongly agree with you. you stupid ghost

23. TITANIC - 17 Maret 2011

ga kbayang gwa ngalamin kejadian itu !!
ahk gmna jdi nya yh !!
bnyk yg mati !!
bnyk mayat yg menganbang di laut !!
serem deh !!

24. sihar..........siahaan - 28 April 2011

wah…..sedih baget cerita nya……
tapi g jelas

25. Gusni - 19 Mei 2011

Aq tak tahu,bagaimana aq harus menahan air mata q yg keluar,aq tak tega melihat saudara saudar q mengalami hal seperti itu.

26. Afinrudi - 7 Juni 2011

Ga tau ya sepertinya ceritanya seperti itu tp kalau terdapt didlm al-qur^an, wallahu^alam bisshawab

27. oncon - 17 Juni 2011

mau tau?

tanya saya

28. fernando - 2 September 2011

banyak cito kalaian emang ya ayah di kitab kalian ajah yg ada.
mungkin ajah hanya kebetulan, kalian ajah gx tau tsunami yg di aceh tu suda ada tertulis di alkitab kami.tapi kami gx ada kami buat je internet kami hanya bilang biar kekutan tuhan yg terjadi.

29. Jona riqbal - 7 Oktober 2011

Fernand0
emang qe anak tuhan a,
knalin ne aq ank aceh. . . .
pue kyak peugah nyan . . . . . . . . .
Mti msuk neraka. . . . .

30. hamba ALLAH - 10 Oktober 2011

itulah balasan bagi orang yang angkuh dan sombong

31. anak zaman - 12 November 2011

egh,
hantu, muLutmu itu gak bisa dijaga???? koG ceMb pantat ayam gtU?????? biasa adJa x, mNrut kuG cRieta’ny bGuz kog,, OTAK mu itu adJa eanK gk bgUz. mka’ny sbLumb nGemenK, pKier” dLu.

32. anak zaman - 12 November 2011

tRuntuk mAz/mBak
hantu, muLutmu itu gak bisa dijaga???? koG ceMb pantat ayam gtU?????? biasa adJa x, mNrut kuG cRieta’ny bGuz kog,, OTAK mu itu adJa eanK gk bgUz. mka’ny sbLumb nGemenK, pKier” dLu.

33. Andra Meida » Blog Archive » BAHTERA - 15 Januari 2012
34. Adi Fahrian Hidayat - 16 Februari 2012

halo semuanya
hahaha…..

35. Elidarni manurung - 30 Maret 2012

Wow….
Cerita nya sangat menyentuh hati.
Aq suka dngn film titanic,moga aja film nya dpt berthn sampai akhir nafasku nanti ea dan juga sukses slalu untk film TITANIC,? Amin…..

36. phutri wd - 7 April 2012

I am believe it,,,

37. Black_Venom - 31 Juli 2012

wah si hantu emang t*l*l ya… kalo ngomong masalah agama tuh yang sopan… di setiap agama ga mungkin ada yang salah… tapi kita yang salah.. so jangan asbun soal agama…

tapi ceritanya seru… cuman bahasa nya kurang bisa dipahami…
thanks….

38. qwerty - 1 November 2012

Tidak ada kata kebetulan dalam Al-qur’an. karena memang banyak bukti. dan sesungguhnya mereka mengingkarinya.
Tunggu saja nanti saat kau mati, sungguh azab tuhan sangat menggilakan.

XCweXxKeXxHeE - 26 November 2012

Semua yang ad di dunia ke masa depan sudah ada di al quran SUDAH ADA tapi malah.. Di anggap dongeng… Ckckck… Malu maluin aja.. Sampean itu…

39. stupid - 17 Januari 2013

hm, sepertinya TSnya kebykan pikir da, tragedi tsb terjadi karena kelalaian dari pihak bersangkutan, bukan krn takdir atau pun segala mcm yg berhubungan dengan itu, harap dipelajari dulu sebelum membuat postingan, dari pada bikin malu aj…
kebetulan saja itu lu kait2kan dari ga sambung menjadi nyambung (itu utk org bodoh yg ga berpikir dengan logika), kalo utk yg pintar memahami mah lewat ini trid…
baca itu novel kpl TITAN yg terbit 14 tahun sebelum musibah ini, apakah itu jg lu kaitkan dengan segala macam takdir..????

INGAT : THE THINGS THA EXIST IN THIS WORLD IS NOT WHO YOU ARE, BUT WHAT YOU MAKE OF WHAT YOU ARE, bitch!!!

abdullah - 2 Mei 2013

komik bukan manusia cooy… azab allah tuh untuk orang2 kafir dan musrik tau tak ko….. mau pakek logika??? lo tu yg harus pakek… emang ada gitu manusia nyiptakan manusia sampai mau menyembah dia… kita tu menyembah siapa yg menciptakan manusia yang asli bukan perantara kaya model lo punya…!! tau tak. kok bisa yah berfikir kalo tuhan mu itu yg ciptakan segalanya… dia itu cuma manusia biasa sama seperti nabi2 yg lain bukan tuhan. sehebat2 manusia tidak akan mungkin membuat manusia. paham tak ko!!!!!

40. indra reyner - 13 Februari 2013

itulah akibatnya jika manusia itu sendiri sombong
kepada maha penciptanya yaitu allah swt
di dunia ini jika allah menghendaki suatu bencana maka terjadilah kun faya kun

41. diyah fadly - 7 April 2013

subhanallah…. maha besar Allah dengan segala kekuasaannya.

42. lely hadianti - 16 April 2013

allahu akbar,,,,,, munkin itu peringatan dr allah tuk mreka.

43. Bagas herawan - 16 Juli 2013

Wahhh sedihh bacanya…
Gak bisa ngebayangin gimana rasanya jk ada dlm kondisi sperti ituu…

Nice post

44. Muhammad Ivansyah - 26 Juli 2013

Yang bilang di dalam Al-Quran itu semua kebetulan hanyalah orang bodoh yang buta akan masa depannya.

45. Farid - 18 Agustus 2013

Mengerikan tragedi tenggelamnya kapal Titanic.

riri - 26 November 2013

liat film nya eura kmu takut geura

46. ytryrty - 14 September 2013

DILARANG, MENGHUBUNGKAN YANG TIDAK BERHUBUNGAN !

47. Leo - 21 Oktober 2013

Jgn menyangkut2 agama tak baik

48. riri - 26 November 2013

titanic adlh kisah nyata dan di angkat ke film dan memang bnr di cantumkan d al quran

49. cucu tuhan.hahahahaha - 18 Desember 2013

hanya manusia bodoh yg mau menyembah sesama manusia, malah yg di sembahnya manusia gila yg di gantung dan gak pake baju, seperti mau bikin foto bokep aja. jangan kan mau nolong manusia lain,nolong dirinya sendiri aja gak bisa. malah ngakunya anak tuhan, berarti tuhan nya punya istri dong, dan pastinya punya ayah juga, kenapa bukan ayah nya tuhan yag di sembah, kalau tuhan punya ayh jadi dia punya nenek juga, wah malah panjang garis keturunan tuhan….

50. TERSERAH - 18 Desember 2013

CUCU TUHAN :

HAHAHA :D
BETUL THU…….SETUJU

51. Kaos Distro Murah - 27 Maret 2014

Subhanallah..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: